MAKALAH TENTANG MICROSOFT WORD
O
L
E
H
Kelompok 4 :
1.
DHEA ORIZA
SATIVA SINULINGGA
2.
WASIMAH
3.
FERRY APRIANTO
4.
WINIKA
UNIVERSITAS SUMATERA UTARA
FAKULTAS PSIKOLOGI
TAHUN 2016
Kata Pengantar
Puji dan syukur
kami panjatkan kepada Tuhan yan Maha Esa atas berkatNya kami mampu
menyelesaikan makalah ini dengan sebaik mungkin. Makalah ini berisi tentang
Microft Word, dimana makalah ini dibuat sebagai pemenuhan tugas mata kuliah
Aplikasi Komputer. Kami juga berterimakasih untuk keluarga yang telah mendukung
kami untuk menyelesaikan tugas ini.
Kami sudah mencoba
mengerjakan tugas ini dengan sebaik mungkin tetapi bagaimana pun kesempurnaan
itu hanyalah milik Tuhan Yang Maha Esa, maka dari itu kami sangat membutuhkan
kritik dan saran dari pembaca. Demikian yang dapat penulis sampaikan sekiranya
makalah ini dapat bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan pembaca tentang
Microsoft Word.
Medan, September 2016
Penulis
BAB I
PENDAHULUAN
1. Latar belakang
Dewasa ini,
teknologi dan informasi berkembang sangat pesat. Akibat dari kemajuan teknologi
ini, maka kebutuhan manusia pun juga bertambah, terdapat keterkaitan antara
kemajuan teknologi dengan bertambahnya kebutuhan manusia, yaitu kebutuhan
manusia menjadi lebih mudah untuk dipenuhi.
Secara tidak
lansung manfaat dari berkembangnya teknologi adalah membantu manusia dalam
memenuhi kebutuhan hidupnya. Seperti aplikasi microsoft office, aplikasi ini
sangat membantu para pekerja kantoran, mahasiswa, pelajar, dan masih banyak
lagi. Salah satu bagian dari microsoft
office adalah mincrosoft office word.
2. Tujuan
Setelah selesai membaca makalah
ini diharapkan pembaca dapat
1.
Mengetahui
apa itu Microsoft Word
2.
Mengetahui
menu-menu yang ada di Microsoft Word
3.
Mengetahui
cara mengaplikasikan Microsoft Word
3. Rumusan Masalah
1.
Apa
pengertian Microsoft Word ?
2.
Apa
saja menu dalam Microsoft Word ?
3.
Bagaimana
cara pengoperasian Microsoft Word ?
BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian Microsoft Word
Microsoft Word atau Microsoft
Office Word adalah perangkat lunak pengolah kata (word processor) andalan
Microsoft. Pertama diterbitkan pada 1983 dengan nama Multi-Tool Word untuk
Xenix, versi-versi lain kemudian dikembangkan untuk berbagai sistem operasi,
misalnya DOS (1983), Apple Macintosh (1984), SCO UNIX, OS/2, dan Microsoft Windows
(1989). Setelah menjadi bagian dari Microsoft Office System 2003 dan 2007
diberi nama Microsoft Office Word. Pada tahun 1981-1990 banyak ide dan konsep
Word diambil dari Bravo, pengolah kata berbasis grafik pertama yang
dikembangkan di Xerox Palo Alto Research Center (PARC). Pencipta Bravo, Charles
Simonyi, meninggalkan Xerox PARC dan pindah ke Microsoft pada 1981. Simonyi
juga menggaet Richard Brodie dari PARC. Pada 1 Februari 1983, pengembangan
Multi-Tool Word dimulai.
Setelah
diberi nama baru Microsoft Word, Microsoft menerbitkan program ini pada 25
Oktober 1983 untuk IBM PC. Saat itu dunia pengolah kata dikuasai oleh
WordPerfect dan juga WordStar. Word memiliki konsep "What You See Is What
You Get", atau WYSIWYG, dan merupakan program pertama yang dapat
menampilkan cetak tebal dan cetak miring pada IBM PC. Word juga banyak
menggunakan tetikus yang saat itu tidak lazim sehingga mereka menawarkan paket
Word-with-Mouse. Word processor berbasis DOS lain, seperti WordStar dan
WordPerfect, menampilkan hanya teks dengan kode markup dan warna untuk menandai
pemformatan cetak tebal, miring, dan sebagainya. Word untuk Macintosh, meski
memiliki banyak perbedaan tampilan dari versi DOS-nya, diprogram oleh Ken
Shapiro dengan sedikit perbedaan dari kode sumber versi DOS, yang ditulis untuk
layar tampilan resolusi tinggi dan printer laser, meskipun belum ada produk
seperti itu yang beredar untuk publik. Setelah LisaWrite dan MacWrite,
Microsoft pun mencoba untuk menambahkan fitur WYSIWYG ke dalam paket program
Word for Macintosh. Setelah Word for Macintosh dirilis pada tahun 1985, program
tersebut mendapatkan perhatian yang cukup luas dari masyarakat pengguna
komputer. Microsoft tidak membuat versi Word 2.0 for Macintosh, untuk
menyamakan versi dengan Word untuk sistem atau platform lainnya.
Versi
selanjutnya dari Word for Macintosh, adalah Word 3.0, yang dirilis pada tahun
1987. Versi ini mencakup banyak peningkatan dan fitur baru tapi memiliki banyak
bug. Dalam hanya beberapa bulan, Microsoft mengganti Word 3.0 dengan Word 3.01,
yang jauh lebih stabil. Semua pengguna terdaftar dari Word 3.0 dikirimi surat
yang berisi salinan Word 3.01 secara gratis, sehingga menjadikan hal ini
kesalahan Microsoft paling mahal untuk ditebus pada waktu itu. Word 4.0, yang
dirilis pada tahun 1989, merupakan versi yang sangat sukses dan juga stabil
digunakan.
Tahun
1990-1995 pada rentang tahun ini, Word for Windows diluncurkan. Versi pertama
dari Word for Windows dirilis pada tahun 1989 dengan harga 500 Dolar Amerika
Serikat. Dengan dirilisnya Microsoft Windows 3.0 pada tahun selanjutnya,
penjualan pun akhirnya terdongkrak naik, mengingat Word for Windows 1.0
didesain untuk Windows 3.0 dan performanya sangat buruk jika dijalankan pada
versi sebelumnya. Microsoft menunggu hingga merilis Word 2.0 untuk mengukuhkan
Microsoft Word sebagai pemimpin pasar pengolah kata.
B. Cara Pengoperasian Microsoft Word
I. Membuka Microsoft Word
1. Untuk membuka Microsoft Word,
ada beberapa cara , Diantaranya adalah :
1. Klik Tombol Start yang ada di
taskbar.
2.
Pilih menu Program
2.
Kemudian pilih dan klik program aplikasi Microsoft Word.Tunggu sampai
3.
jendela program Microsoft Word ditampilkan.
II.
Membuat Dokumen Baru
Jika kita baru
memulai mengoperasikan Microsoft Word, biasanya akan langsung ditampilkan dokumen
kosong yang siap untuk ditulisi. Namun, jika komputer tidak secara otomatis
menyediakan dokumen kosong, cara berikut ini bisa menjadi alternatif dalam
membuat dokumen baru.
1.
Pada jendela Microsoft Word , pilih menu File, klik tombol New, kemudian klik
tombol General.
2.
Double klik pada icon Blank Document untuk membuat dokumen baru.
3.
Jendela siap untuk digunakan pengetikan.
Atau
bisa juga menggunakan alternatif lain :
1.
Klik tombol New Document yang ada pada baris menu.
2.
Pada jendela program Microsoft Word, dapat kita pilih menu File | New, maka
setelah kita memilih Blank Document, dokumen kosong akan ditampilkan pada layar
komputer anda.
3.
Selain kedua alternatif di atas, bisa juga dengan langsung menekan tombol
Ctrl+N, maka dokumen baru akan ditampilkan di layar anda.
III.
Membuka file yang sudah tesimpan
1.
Klik menu File dan klik tombol Open, maka akan tampil kotak dialog Open.
2.
Pilih file yang ingin dibuka dengan menentukan letak foldernya terlebih dahulu.
3.
Klik pada nama file yang akan dibuka.
4.
Klik tombol Open, maka file yang tadi dipilih akan dibuka oleh Microsoft Word.
IV.
Menyimpan Dokumen
1.
Segera setelah memulai pengetikan, sebisa mungkin dilakukan penyimpanan. Hal
ini dimaksudkan untuk menjaga kemungkinan kehilangan dokumen.
2.
Pada jendela Microsoft Word , pilih menuFi l e, klik tombolS ave.
3.
Pada layar akan ditampilkan kotak dialog Save. Ketikkan nama file dokumen, dan
klikS ave. Lakukan penyimpanan file sesering mungkin, untuk menghindari
kemungkinan komputer padam secara mendadak.
V.
Menutup File Dokumen
1.
Setelah menyimpan file dokumen, untuk menutup file, pada jendela Microsoft
Word, pilih menu File, klik tombol Close, maka Microsoft Word akan menutup file
dokumen yang sedang aktif.
2.
Atau bisa dilakukan dengan menekan tombol close pada baris menu.
VI.
Menutup Jendela Microsoft Word
1.
Pada jendela Microsoft Word, pilih menuFile, klikExit, maka jendela Microsoft
Word akan tertutup.
2.
Pastikan bahwa dokumen yang telah anda ketik sudah tersimpan dengan benar.
3.
Selain dengan menu File, menutup jendela Microsoft Word juga dapat dilakukan
dengan menklik tombol X yang terletak di pokok kanan atas dari jendela
Microsoft Word.
VII. Mengetik Dokumen Sederhana
Pada
saat memulai program aplikasi Microsoft Word , secara otomatis, dokumen baru
yang masih kosong yang diberi nama Document1 akan ditampilkan dan siap
digunakan.Setiap mengetikkan teks, teks yang Anda ketik akan muncul di posisi
kursor dan kursor akan bergeser ke kanan. Anda dapat memindahkan kusor dengan keyboard
atau mouse. Jika teks yang yang sedang anda ketik mencapai akhir dari baris,
maka teks tersebut akan dilipat dan kursor secara otomatis pindah ke awal baris
berikutnya. Bila perlu tekan tombolEn ter untuk memindahkan titik sisip ke
baris berikutnya., hanya jika anda ingin memulai pengetikan di baris baru
sbelum mencapai batas kanan, membuat baris kosong atau memulai paragraf baru.
Microsoft
Word mendefinisikan sebuah paragraf sebagai sejumlah karakter, kata, atau
kalimat yang diakhiri dengan tanda paragraf. Tanda paragraf akan disisipkan
pada waktu anda menekan tombolEn ter. Tanda paragraf ini penting untuk
mengetahui di mana suatu paragraf dimulai dan berakhir pada dokumen anda. Dalam
keadaan defaultnya, tanda paragraf ini tidak ditampilkan. Sebagai contoh,
cobalah untuk mengetik surat sederhana berikut pada Dokumen 1 yang masih
kosong, dan simpan dokumen tersebut dengan nama Undangan Training.
VIII. Mengedit Teks
Jika
anda membuat kesalahan selam proses pengetikan, Anda dapat
memperbaikinya dengan berbagai
cara berikut ini :
• Tekan tombol Backs Space untuk
menghapus satu karakter di kiri titik sisip.
• Tekan tombol Delete untuk
menghapus karakter di kanan titik sisip.
• Untuk melakukan pengulangan
dari teks yang baru Anda ketik, pilih menu Edit, Repeat Typing (Ctrl+Y).
• Untuk menghapus teks yang baru
saja Anda ketik, pilih dan klik menu Edit, Undo Typing (Ctrl+Z) atau klik
tombol Undo pada toolbar Standard.
• Untuk pindah ke baris baru
tanpa menyisipkan sebuah tanda paragraf, tekan tombol Shift+Enter.
IX. Meng-Copy / Menyalin Teks
Untuk
menyalin teks yang Anda pilih ke lokasi lain, ikuti langkah berikut ini :
1. Pilih teks yang akan Anda
salin.
2. Kemudian pilih dan klik menu
Edit, Copy (Ctrl+C).
3. Tempatkan titik sisip di
lokasi baru.
4. Kemudian pilih dan klik menu
Edit, Paste (Ctrl+V).
X. Men-Delete / Menghapus Teks.
Untuk menghapus teks yang telah
Anda pilih, ikuti langkah berikut ini.
1. Pilih teks yang akan anda
hapus.
2. Kemudian pilih dan klik menu
Edit, Clear atau tekan tombol Delete.
XI. Meng-Cut-Paste/Memindahkan
Teks.
Untuk memindahkan teks yang Anda
pilih ke lokasi yang baru, ikuti langkah
berikut ini :
1. Pilih teks yang akan Anda
pindahkan
2. Kemudian pilih dan klik menu
Edit, Cut (Ctrl+X).
3. Tempatkan titik sisip pada lokasi
baru.
4. Kemudian pilih dan klik menu
Edit, Paste (Ctrl+V)
XII. Format Teks
• Pilih atau sorot teks yang akan
anda format, kemudian atur formatnya sesuai yang anda inginkan.
• Tempatkan titik sisip pada
posisi awal pengetikan teks,atur formatnya, kemudian ketik teks yang Anda
inginkan.
Dengan cara ini, semua teks yang
Anda ketik mulai dari posisi titik sisip akan mengikuti format yang Anda pilih
sampai Anda melakukan perubahan kembali ayau memindahkan posisi titik sisip ke
bagian lain pada dokumen.
XIII. Mengubah Jenis dan Bentuk
Huruf (Font)
Setiap jenis dan bentuk huruf
(Font) mempunyai nama, misalnya Arial, Times, Courier, dan lain-lain. Untuk
mengubah Font dari teks yang sebelumnya adalah :
• Pilih atau sorot teks yang akan
Anda ubah fontnya.
• Pilih dan klik font yang Anda
inginkan pada tombol daftar pilihan font yang
terdapat pada baris toolbar
Formatting atau tekan tombolCtrl+S h if t+F.
XIV. Mengubah Ukuran Huruf (Font Size)
Semua teks yang anda ketikkan
pada dokumen baru dengan menggunakan template Blank Document akan memakai
pilihan default font Times New Roman dengan ukuran huruf 10 point. Untuk
mengubah ukuran huruf (font size) dari teks yang sebelumnya anda ketik, ikuti
langkah berikut ini :
• Pilih atau sorot teks yang akan
anda ubah ukurannya.
• Pilih dan klik ukuran yang anda
inginkan pada tombol daftar pilihan Font Size yang terdapat pada baris toolbar
formatting atau tekan tombol Ctrl+Shift+P.
XV. Mengatur Format Paragraph
Dalam Microsoft Word, paragraf
adalah segala sesuatu yang diakhiri dengan menekan tombolEn ter. Paragraf
mungkin berupa judul laporan, bagian suatu daftar, baris kosong di antara dua
paragraf, sekumpulan teks atau kalimat yang mempunyai satu pemikiran. Anda
dapat mengatur format paragraf dengan menggunakan salah satu cara berikut ini :
• Pilih paragraf yang akan anda
format, kemudian atur formatnya sesuai dengan keinginan anda.
• Tempatkan pada titik sisip pada
posisi awal pengetikan paragraf atau
formatnya, kemudian ketik
paragraf yang Anda inginkan. Dengan cara ini,
semua paragraf yang anda ketik
mulai dari posisi titik sisip akan mengikuti
format yang anda pilih sampai
anda melakukan perubahan kembali atau
memindahkan posisi titik sisip ke
bagian lain pada dokumen.
XVI. Mencetak Dokumen
Apabila anda ingin mencetak
dokumen anda, dokumen tersebut harus sudah diaktifkan atau ditampilkan di
layar. Untuk mencetak dokumen yang sedang aktif di layar, ikuti langkah berikut
ini :
1. Pilih dan klik menu File,
Print (Ctrl+P). Kotak dialog Print akan ditampilkan.
2. Pada tombol daftar
pilihanName, pilih dan klik printer driver yang anda inginkan.
3. Anda dapat menentukan halaman
yang akan anda cetak, dengan cara melakukan pemilihan dan pengisian pada kotak
Page Range.
• Klik tombol pilihan All, jika
Anda bermaksud mencetak seluruh isi dokumen.
• Klik tombol pilihan Selection ,
bila Anda ingin mencetak teks yang anda pilih.
4. Apabila anda ingin mencetak
dokumen tersebut lebih dari sati kali, isilah kotak isian Number of Copies
dengan jumlah salinan yang anda inginkan.
5. Pada tombol daftar pilihan
Print what, pilih Document bila ingin mencetak isi dokumen.
6. Tentukan halaman yang akan
dicetak pada tombol pilihan Print.
• All pages in range, bila anda
ingin mencetak halaman ganjil maupun halaman genap.
• Odd pages, jika Anda ingin
mencetak halaman ganjil saja.
• Even pages,
7. KlikO K.
XVII. Mengakhiri Microsoft Word
Setalah seluruh kegiatan
pengetikan, pengeditan, dan juga pencetakan dokumen selesai, maka kita dapat
mengakhiri operasi Microsoft Word setelah terlebih dahulu kita memastikan
bahwasannya dokumen sudah tersimpan dengan baik. Jika belum, maka simpanlah
dokumen yang telah anda ketik dan edit erlebih dahulu, baru kemusian keluar
dari Microsoft Word.
Untuk keluar dari Microsoft Word,
dapat dipilih di antara cara-cara berikut ini :
1. Pilih dan klik tombol pada
menu File, Exit .
2. Klik tombol bertanda silang
pada pojok kanan atas jendela Microsoft Word.
3. Tekan Alt +F4
C. Menu-menu dalam Microsoft Word
Anda pasti mengenal microsoft
word. tapi belum tentu anda mengenal menu yang ada di dalamnnya, karena ada
banyak sekali seubmenu yang ada di microsoft word. langsung saja! berikut menu
yang ada di dalam microsoft word :
1. Menu File, Sub Menu File
• New : Membuka dockument baru
yang masih kosong
• Open : Membuka file dokumen
yang telah disimpan
• Close : Mrenutup dokumen
• Save : Menyimpan dokumen ke
media penyimpanan
• Save As : Menyimpan dokumen ke
media penyimpanan dalam format lain
• Save as Web page : Menyimpan
dalam format file web page
• Seacrh : Mencari teks tertentu
dari suatu file
• Versions : Untuk mengetahui
versi Ms. Word
• Web page Preview : Melihat
tampilan dokumen dalam format web page
• Page setup : Mengatur tampilan
halaman yang akan dicetak pada pada dokumen
• Print Preview : Melihat
tampilan dari dokumen yang akan di cetak
• Print : Mencetak dokumen dan
mengatur kerja printer
• Send to : Mengirim dokumen
melalui e-mail
• Propertise : Mengetahu beberapa
keterangan mengenai isi dokumen
• Exit : menutup program Ms. word
2. Menu Edit, Sub Menu Edit
• Undo : Membatalkan perintah
yang telah dilakukan (Ctrl+Z)
• Repeat atau Redo : Mengulangi
perintah yang telah dilakukan (Ctrl+Y)
• Cut : Menghapus/memindahkan
teks atau objek yang dipilih ke clipboard
• Copy : Menyalin teks atau objek
yang dipilih ke clipboard
• Office Clipboard : Membuka isi
clipboard
• Paste : Menempatkan objek/teks
yang ada di clipboard pada posisi titik sisip berada
• Paste Spesial : Menempatkan
objek/teks yang ada di clipboard pada posisi titik sisip berada dengan format
yang berbeda
• Paste Hyperlink : Menempatkan
teks sebagai hyperlink
• Clear : Menghapus semua data
(All), format data (formats), komentar (comments), isi data (contents) yang ada
pada lembar kerja
• Select All : Untuk memblok
semua isi dokumen
• Find : Mencari kata dari
dokumen yang sedang aktif
• Replace : Untuk mencari dan
mengganti kata tertentu dari dokumen yang sedang aktif
• Go To : Menuju ke halaman
• Links : Mengubah sumber link
objek pada dokumen yang aktif
• Object : Mengedit objek yang
bukan berasal dari dokumen word
3. Menu View, Sub Menu View
• Normal : Mengubah tampilan
layar ke bentuk normal
• Web layout : Mengubah tampilan
layar dalam bentuk web view
• Print layout : Mengubah
tampilan layar pengetikan ke bentuk print view
• Outline : Mengubah tampilan
layar ke bentuk outline view
• Task Pane :
Menampilkan/menyembunyikan bantuan task pane di layar
• Toolbars : Menampilkan dan
menyembunyikan toolbar
• Ruler : Menampilkan dan
menyembunyikan mistar/garis pengatur
• Show Paragraph Marks : Untuk
menampilkan simbol paragraph
• Gridlines : Untuk menampilkan
tanda garis pada lembar kerja
• Documents Map : Menampilkan
dokumen dengan disertai peta gambar
• Header Footer : Membuat dan
menghapus judul atas dan bawah di dokumen
• Footnotes : Melihat catatan
hasil footnote
• Mark up : Menampilkan toollbar
markup
• Full Screen : Menampilkan
dokumen dalam satu layar penuh
• Zoom : Menentukan ukuran
tampilan lembar kerja pada layar
4. Menu Insert, Sub Menu Insert
• Break : Menentukan jenis
perpindahan halaman
• Page Numbers : Memberi nomor
halaman
• Date and time : Menyisipkan
tanggal dan waktu yang berlaku saat in
• Autotext : Menyisipkan kata
• Field : Menyisipkan field
• Symbol : Menyisipkan symbol ke
dalam teks
• Comment : Menyisipkan komentar
• Reference : Menyisipkan
footnote, caption, cross reference
• Web Component : Menyisipkan
komponen dari web
• Picture : Menyisipkan gambar
• Diagram : Menyisipkan diagram
• Text Box : Menyisipkan teks
atau gambar yang berada dalam kotak tertentu kedalam dokumen aktif
• File : Menampilkan toollbar
markup
• Object : Menyisipkan objeck
kedalam dokumen
• Bookmark : Menyisipkan tanda
pada suatu teks, gambar, grafik, dan lainnya ke dalam dokumen
• Hyperlink : Menyisipkan
hyperlink pada taks, file, atau dokumen (HTML) (Ctrl+K)
5. Menu Format, Sub Menu Format
Font : Memilih jenis, gaya,
ukuran, dan efek hurufyang diinginkan
Paragraph : Menentukan identitas,
spasi, pemotongan baris, dan halaman dolumen aktif
Bullets and Numbering :
menyisipkan bullet dan nomor pada teks yang dipilih
Borders and Shading : Memberikan
bingkai dan arsiran
Columns : Membuat dokumen menjadi
beberapa kolom
Tabs : Menentukan batas tabulasi
di dalam dokumen
Drop Cap : Memformat teks menjadi
huruf berukuran lebih besar di awal paragraph
Text Direction : Mengatur arah
horizontal dan vertikal dari teks yang diketik
Change Case : Mengatur teks yang
disorot menjadi huruf besar dan kecil atau sebaliknya
Fit Text : Mengatur jarak atara
huruf dalam kalimat
Background : Memberi warna latar
belakang pada dokumen
Theme : Mengatur format tampilan
theme yang digunakan pada halaman web
Frames : membuat tabel daftar isi
dengan menggunakan heading dari dokumen dan menempatkannya sebelah kiri frame
Autoformat : Mengubah format yang
disediakan Word menjadi format dokumen baru
Style and Formating : Mengubah
style dan format
Reveal Formating : Menampilkan
task pane Reveal Formatting yang berfungsi untuk menentukan format suatu teks
Object : Memformat suatu objek
6.
Menu
tools, atau Sub Menu Tools
Spelling and Grammar :
Menjalankan pemeriksaan ejaan dan tata bahasa dari teks atau paragraph dalam
sebuah dokumen
Language : menjalankan fasilitas
penerjemah bahasa
Word Count : Memberikan data
statistik tentang jumlah halaman, kata, karaktek, paragraf, dan baris yang
terdapat dalam dokumen aktif
Autosummarize : Memberikan data
statistik tentang jumlah huruf dan kata pada dokumen aktif
Speech : Mengubah pembicaraan
melalui mokrofon menjadi teks, atau sebaliknya
Track Changes : Menandai teks
yang baru diubah sisinya
Compare and Merge Documents :
Membandingkan dan menggabungkan dokumen yang aktif dokumen lainnya
Protect Document : Melindungi
dokumen agar aman dari bentuk pengubahan dokumen
Online Collaboration : mengadakan
diskusi dan bertukar informasi melalui internet
Letters and Mailings : Memuat
surat melalui fasilitas wizard
Macro : Membuat dan menghapus
macro sendiri
Template and add-ins : Mengatur
tampilan template
AutoCorrect Options : Memperbaiki
teks secara otomatis
Customize : Menata toolbar,
menambahkan perintah bari, membuat menu da toolbar sesuai keinginan
Options : Membantu nebggybajab
sevekas tabulasi yaitu View, Edit, Print, Save, User,Information, Compability,
File Locations, Security, Spelling & Grammar, dan Track Changes.
7. Menu Table, Sub Menu Table
Draw Table : Menampilkan toolbar
Tables dan Borders untuk membuat gambar tabel
Insert : Menyisipkan tabel,
baris, sel, dan kolom
Delete : Menghapus tabel, baris,
sel, dan kolom
Select : Menandai tabel, baris,
sel, dan kolom
Merge Cells : Menggabungkan
beberapa sel menjadi satu sel
Split Cells : Memecah sel menjadi
beberapa sel
Split Table : Memecah tabel menjadi
beberapa tabel
Table AutoFormat : Memformat
tabel dengan format yang telah disediakan Ms. Word
AutoFit : Menentukan penyesuaian
judul, Windows, kolom secara otomatis
Heading Rows Repeat : Mengulang
baris judul
Convert : Mengkonversi teks
menjadi tabel, atau sebaliknya
Sort : Mengurutkan data atau teks
Formula : Menggunakan rumus dan
fungsi yang disediakan Ms. Word
Hide Gridlines : Menampilkan atau
menyembunyikan garis bantu pada tabel
Table Propertise : Menampilkan
kitak dialog Table Propertise
8. Menu Window, Sub Menu Window
New Window : Menampilkan dokumen
yang sama dalam jendela berbeda
Arrange All : Mengatur letak dan
bentuk jendela dokumen yang aktif agar dapat melihat seluruh dokumen aktif
dengan ukuran yang sama dalam waktu bersamaan
Split : membagi dokumen aktif
menjadi dua bagian agar dapat melihat bagian yang berbeda dari dokumen yang
sama pada waktu bersamaan
9. Menu Help, Sub Menu Help
Microsoft Word Help : Menampilkan
menu help Word
Show the Office Assistant :
Menyembunyikan atau menampilkan Office Assistant
Office on the Web : Menampilkan
berbagai informasi terakhir mengenai program aplikasi Ms. Office melalaui
internet
Activate Product : Mendeteksi
aktivasi Word
Detect and Repair : Mendeteksi
dan memperbaiki program word
About Microsoft Word :
Menampilkan kotak dialog tentang Microsoft Word yang digunakan
BAB III
PENUTUP
KESIMPULAN
Di era globalisasi ini sangat di
perlukan khususnya bagi pelajaar dan mahasiswa untuk menguasai ilmu komputer
seperti Ms. Office (Word, Excel dan PowerPoint). Ms. Word merupakan salah satu
ilmu komputer yang paling banyak dioperasikan di seluruh dunia dalam bidang
apapun aplikasi ini sangat penting dan berguna dalam pengolah kata atau
dokumen, surat-surat dan lain sebagainya yang biasa di gunakan oleh instansi
apapun baik instansi perkantoran maupun pendidikan. Dan begitu banyak menu-menu
yang disediakan dalam Microsoft Word ini agar penggunanya lebih mudah dalam
mengoperasikan aplikasi ini.
DAFTAR PUSTAKA
http://ferdinanmantolo5g1004411310.blogspot.co.id/2012/10/menu-menu-yang-ada-di-microsoft-word.html?m=1
http://amrizalhanif.blogspot.co.id/2013/11/microsoft-word-2010.html?m=1
http://icbhall.blogspot.co.id/2013/01/MICROSOFT-WORD-1a.html?m=1
Tidak ada komentar:
Posting Komentar