Psikologi Pendidikan dan Teknologi
PERENCANAAN
-
Perencanaan Intruksional.
Pengembangan atau penyusunan strategi sistematis dan
tertata untuk merencanakan pembelajaran.
Robert Yinger(1980)
mengidentifikasikan lima rentang waktu perencanaan guru : perencaan tahunan,
perencanaan term, perencanaan unit, perencanaan
mingguan dan perencanaan harian.
Perencanaan adalah dimensi utama dari
pengajaran yang sukses, jangan terlalu banyak menyusun rencana.
·
PERENCANAAN DAN INSTRUKSI PELAJARAN TEACHER –
CENTERED
-
Perencanaan Pelajaran Teacher Centered
Tiga alat perencanaan teacher Centered adalah menciptakan sasaran behavioral (perilaku), menganalisis tugas, dan menyusun taksonomi (klasifikasi) instruksional.
a.
Sasaran behavioral adalah pernyataan yang menyatakan perubahan
dalam perilaku murid untuk mencapai tujuan kinerja yang diharapkan.
b. Menganalisis
tugas adalah memecah tugas kompleks yang dipelajari murid menjadi komponen –
komponen.
c. Menyusun taksonomi. Taksonomi adalah sistem klasifikasi,
taksonomi bloom dikembangkan oleh benjamin bloom dan kawan – kawanya. Taksonomi
ini mengklasifikasikan sasaran pendidikan menjadi 3 domain : kognitif, efektif
dan psikomotor.
-
Intruksi Langsung
Intruksi langsung( direct instruction) adalah
pendekatan teacher- centered yang terstruktur yang dicirikan oleh arahan dan
kontrol guru, ekspektasi guru yang tinggi atas kemajuan murid, maksimalisasi
waktu yang dihabiskan murid untuk tugas – tugas akademik, dan usaha oleh guru
untuk meminimalkan pengaruh negatif terhadap murid.
-
Strategi Instruksional Teacher – Centered
a. Mengorentasikan. Sebelum menyajikan dan menjelaskan materi baru,
susunlah kerangka pelajaran dan orientasikan murid ke materi baru tersebut.
b. Advance Organizer. Adalah aktivitas dan teknik pengajaran dengan membuat
kerangka pelajaran dan mengorientasikan murid materi sebelum materi itu
diajarkan.
c. Comparative advance organizer. Memperkenalkan materi baru
dengan mengaitkanya dengan apa yang sudah diketahui murid.
d. Pengajaran, penjelasan,
dan Demonstrasi. Pengajaran dengan paparan / ceramah
(lecturing), penjelasan dan demonstrasi adalah aktivitas yang biasa dilakukan
guru dalam pendekatan instruksi langsung.
e. Pertanyaan
dan diskusi. Pertanyaan dan diskusi perlu di
intergrasikan kedalam pendekatan intruksi teacher-centered
f. Mastery
Learning adalah pembelajaran satu konsep atau topik
secara menyeluruh sebelum pindah ke topik yang lebih sulit.
g. Seatwork adalah penyeluruh semua murid atau sebagian besar murid
untuk belajar sendiri – sendiri di bangku mereka
h. Pekerjaan Rumah adalah Keputusan intruksionaal penting lainya adalah
seberapa banyak dan apa jenis pekerjaan rumah yang harus diberikan kepada
murid.
-
Prinsip Learning – Centered
Intruksi dan Perencanaan learning – Centered adalah pada
siswa, bukan guru.
Faktor Kognitif dan Metakognitif
a.
Sifat Proses Pembelajaran
b.
Tujuan proses pembelajaran
c.
Kontruksi pengetahuan
d.
Pemikiran strategis
e.
Memikirkan tentang pemikiran
f.
Konteks pembelajaran
Faktor Motivasi dan Emosional
g.
Pengaruh motivasi dan emosi terhadap
pembelajaran
h.
Motivasi intrinsik untuk belajar
i.
Efek motivasi terhadap usaha
Faktoe Sosial dan Developmental
j.
Pengaruh perkembangan terhadap pembelajaran
k.
Pengaruh sosial terhadap pembelajaran
Faktor Perbedaan Individual
l.
Perbedaan individual dalam pembelajaran ‘
m.
Pembelajaran dan diversitas
n.
Standar dan penilaian
-
Beberapa Strategi Intruksional Learning –
Centered
a. Pembelajaran berbaris Problem
b. Pertanyaan
esensial
c. Pembelajaran Penemuan
·
Teknologi dan Pendidikan
Teknologi adalah tema penting dalam pendidikan sehingga
selalu dibahas dalam pembelajaran.
-
Revolusi Teknologi
Revolusi Teknologi adalah bagian dari masyarakat
informasi dimana kini kita hidup.
-
Internet
a.
Inti dari komunitas melalui komputer. Sistem
internet berisi ribuan jaringan komputer yang terhubung diseluruh dunia,
menyediakan informasi yang tak terhingga yang dapat diakses murid.
b.
Word Wide Web adalah sistem pengmbilan
informasi hypermedia yang menghubungkan berbagai materi internet, materi ini
mencakup teks dan grafis.
c.
Website adalah lokasi individu atau
organisasi di internet. Website menampilkan informasi yang dimasukkan oleh
individu atau organisasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar